Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang. - Seno Gumira Ajidarma-

Jumat, 04 November 2011

postmoooooo





POSTMO

Postmo itu adalah salah satu rangkaian OSPEK fakultas di kampus gw. Program Orientasi Studi Manajemen dan Organisasi ini dilaksanakan tanggal 9, 10, 11 dan 17 september. Katanya kak Danan selaku ketua sih acara ini bertujuan untuk mengenal lingkungan kampus FISIP UNPAD, terus acara ini juga bakal ngakarin para maba bagaimana bersikap, berperilaku serta bertindak layaknya mahasiswa. Dalam acara ini, kita gak dikelompokin berdasarkan jurusan, tapi dikelompokin campur sama seluruh jurusan di FISIP. Hmmm awalanya sih pas denger kita bakalan dicampur sama jurusan lain sempet bête, tapi yaa mau gimana lagi. Berhubung jurusan gw mahasiswanya Cuma dikit jadinya Cuma diambil 4 orang yang bakal dimasukin ke setiap kelompok. Gw sekelompok sama Okeu, Hugo dan Biyan. Bayangin aja sama temen sejurusan aja belum kenal banget eh mau dicampurin lagi sama yang beda jurusan hmmmm…..

Hari pertama sebelum postmo….
Hari ini POSTMO belum dimulai, tapi kita udah disuruh bari sesuai kelompok Postmo. Pas baris, gw liat anak-anaknya, awalnya sih gw beranggapan “yah kayaknya anak-anaknya pada gak asik nih” tapi gw tetep coba buat berbaur sama mereka. Abis itu kita dikenalin sama mentor kelompok. Saat itu mentor gw kak Binsar, The Ana sama teh  Ria. Pas ngeliat mentornya “yah kok kayanya gak asik juga ya, gak kaya mentor lain” tapi balik lagi ‘yasudahlah’ hmmmm. Hari ini kita cukup kenalan sama seluruh anggota di kelompok 2. hari itu yang paling gw kenal Cuma Nuruk Indriasari soalnya abis acara itu kita langsung pulang bareng ke Jakarta hahaha.

Medical chek up day…
Hari ini semua maba FISIP akan di chek kesehatannya. Kita disuruh dateng jam 6 pagi dengan pakain bebas tapi sopan. Hari ini juga kita udah harus baris sesuai sama kelompok postmo. Kita udah lumayan kenal sih, udah deket malah. Yaa walaupun belum semuanya. Itu karena kita sering ngumpul. Entah itu buat ngomongin yel-yel ataupun buka puasa bareng. Yang biking gw bête hari ini itu, bayangin aja kita ngumpul jam 6 sedangkan kita kebagian medchek jam 2 siang paraaaaah. Ya emang sih sebelumnya ada kontrak belajar, tapi kontrak belajar aja mulai jam 9-11 sisanya kita nunggu. Hmmm bête. Selama nunggu itu kita kenalan lagi satu sama lain pake cara ‘rantai nama’ cara mainnya kita harus nyebutin nama semua anggota di kelompok kita beserta jurusannya hah parah, kasian yg kebagian terakhir. Hahaha. Ada serunya sih hari ini, yaitu pas kontrak belajar. Awalnya kita disuruh baris di aula gedung B, tiba tiba ada segerombolan tatib yang udah pasang muka kaya deptcolector. Hahah. Pas mereka masuk, kita semua  disuruh diem. Baru deh dateng si ketua tatib kang yopi dan 2 rekannya. Setelah itu kang yopi mulai bacaan tatatertib selama postmo, bukan tatatertib aja sih tapi barang-barang apa aja yang harus kita bawa. Hmmmm ada satu peraturan yang bikin  para maba gak setuju terutama anak cowok nya, yaitu pas dibacain peraturan ‘rambut maba cowok harus dipotong sampai sisa 2 senti’ paraaaaaaah emang kita sekolah di tempat militer apa? Panitia nya aja rambutnya gondrong-gondrong. Mulai deh para tatib dan maba berdebat. Akhirnya perdebatan dimenangkan oleeeeeeehhh……….yap para maba. Yeeeee. Hidup maba FISIP!!!! Hah. Keputusan akhir rambut dilarang nyentuh jidad, kerah baju dan telinga. Gubraaaak cape deh. Perdebatan ini tu ngabisin waktu sejam kali. Buang-buang waktu aja. Tapi inilah demokrasi hwahhah secara gitu gw kuliah di FISIP yang isinya kalo gak politik, demo, sidang, dan semacamnya laaah. Hmmmm. Abis itu kontrak belajar selesai. Dan kami kembali menunggu medchek hmmmmm
1 jam …..
2 jam…
3 jam….
Akhirnya dipanggil juga kelompok gw buat medchek…



Pertamanya kita ngisi formulir, riwayat penyakit laah isinya. Abis itu si calon dokter manggil satu persatu. Gw kebetulan dapet dokter cewe padahal maunya cwo siapa tau gituuuu……hahaha #ngareeeep. Terus mulai deh gw ditanyaan tentang semua penyakit. Maag? Pernah. Anemia? Ada. Rawat inap? Pernah. Dokternya Cuma manggut-manggut aja tuh. Terus diperiksa telapak tangan gw, munculah pertanyaan di otak si calon dokter “punya penyakit pernapasan ?” gw jawab “engga, tapi nenek sama ade saya punya” #padahal yang ditanya gw kenapa gw bawa-bawa nenek sama adek gw? Ckckckkc. Akhirnya si calon dokter meriksa jantung gw, sampe 3 kali booo…dari yang duduk sampe tiduran pun gw lakukan hmmmm. Akhirnya gw gak ada penyakit apa-apa. Cape deeeeeh. Padahal gw kira, pas postmo nanti gw bakal pake pita merah,kuning atau ijo, tapi ternyata engga. Alhamdulillah….

H-1 postmo…
Abis jam kuliah, kelompok gw ngumpul di taman teletubies. Kita bakal ngomongin semuaaaaaaa buat postmo besok. Jeng jeng jeng….tiba-tiba mentor dateng, bawa berita tentang tugas harian yang harus kita bawa. Hah tugas harian? Awalnya gw kaget, gw kira kita Cuma disuruh apa aja yang disuruh waktu kontrak belajar, ternyata…..masih ada lagi. Selesai dibacaain, kita langsung nyari tugas itu bareng-bareng, abis itu ngerjain tugasnya bareng-bareng. Hari ini itu, pertama kalinya gw balik jam 10 malem ke kostan, mana jatinangor tuh rawan angkotnya ckckc. Sedikit takut sih, tapi mungkin ini salah satu tujuan dari postmo, sebagai mahasiswa kita gak boleh takut ciiieeeeee bahasa gw.

Hari pertama postmo….
Gw mandi jam setengah 4. buseeeeet itu air udah kaya es batu rasanya dibadan gw. Ckckk. Jam 5 kita harus udah kumpul di boulevard. Saking buru-buru nya gak sempet sarapan deh gw gak sempet minum obat maag juga Cuma minum sangobion doing. Ngetok ngetok kamar ibu kost yang lagi enak-ebak tidur,,duh jadi gak enak. Nungguin angkit subuh-subuh..ckckc sampe dikampus ketua nya dateng telat, alhasil kita satu kelompok gak sempet nempelin cap postmo ke barang-barang yang kita bawa. Hmmmmm bagus..dengan pasrah barislah kita..jalan ke FISIP didampingin sama komdis yang super galak. Mau senyum takut dijutekin, mau cuek, gak enak beeeh serba salah deh pokoknya. Pas sampe lapangan basket, kita semua disuruh nunduk dan gak boleh ada gerakan tambahan, sambil nunggu kelompok lain kumpul di lapangan basket. Sumpah baru pertama kali gw ngerasain rasanya mau pingsan. Awalnya gw emang gak kuat kalo diuruh nunduk lama-lama, ditambah lagi ulu hati gw sakit beeeeehhhh saat itu gw udah gak bisa ngerasain apa-apa lagi, ngedenger aja gak bisa, genggam jari-jari gw aja gak terasa, karena gw gak mau bikin ulah apalagi hari pertama kan, akhirnya gw Cuma bisa tarik nafas teratur sama stimulus otak gw dengan bilang “jangan pingsan,jangan pingsan,jangan pingsan” akhirnya gw engga pingsan,wiiiiiiihhhhh hebat dah kekuatan otak.ckckckc. tibalah saat nya diperiksa barang bawaan kita semua. Eh kena deh kelompok gw gara-gara gak pake cap. Kita semua disuruh ke ruang eksekusi. Disana kita disuruh push up 120 kali dengan total 6 kesalahan. Gila gak tuh, dalam keadaan gw baru mau pingsan, tiba-tiba disuruh push up 120 kali. Tapi gak tau kenapa, gw enjoy aja ngelakuinnya. Gw Cuma bilang “bagus, anggep ini pemanasan biar gw gak pingsan lagi” dan gw berhasil push up 120 kali versi cewek tentunya. Abis itu kita semua digiring ke aula, buat dengerin materi, hari ini ada 3 materi , yang pertama motivasi, pengalaman dari alumni sama apa lagi gitu gw lupa…yahhh cukup menyenangkan laah apalagi kita semua dikasih majalah CHIC gratis masing-masing 2 hahahah, lumayan buat referensi scrapbook gw hahaha. Selama acara banyak banget yang tidur, ada yang sampe jungkir balik malah difoto lagi sama pubdok (sie dokumentasi) nah pas acara selesai tiba-tiba komdis dateng ke aula, katanya kita bakal evaluasi, beeeehh abis aja kita disitu dimarah-marahin. Pokoknya saat itu apa yang kita lakuin serba salah deh. Huuuuh. Pas jam pulang, kita gak pulang, kita ngumpul di boulevard buat ngomongin tugas harian selanjutnya dengan harapan yaa gak salah lagi lah. Udara dingin banget, gak bawa jaket, rambut masih diiket 2, pake kemeja plus rok sepan panjang. Huuuh kita ngumpul sampe jam 9 malem. Ternyata kelompok lain pada pulang jam 12 malem ckckc ada yang lebih parah ternyata.

Hari kedua postmo….
Yah seperti biasa ngumpul jam 5 pagi, tapi kali ini gw udah makan roti doong hehehe. Hari ini juga yaaaa kita ngelakuin kesalahan lagi meskipun buka gw, tapi gw tetep push up. Gara-gara komdis sok-sokan care gt deh sama maba nya, komdis bilang gini “gak akan kami biarkan setetes darah pun mengalir dari kulit kalian, karena kalian ngelakuin kesalahan maka itu adalah salah kami juga” gt terus para komdis naik ke panggung sambil push up. Otomatis kita semua ikut pushup walaupun mereka ngelarang. Sedikit terharu sih waktu mereka bilang kaya gitu, jujur waktu push up gw sedikit nangis ooooooooo….dan sisanya acara berjalan seperti biasa.

Hari ketiga postmo…

Beeehhh hari ini yang bener-bener seru. Hari ini jadwal kita buat sidang angkatan. Sumpah gw gak ngerti sidang apaan. Gw sempet nanya ke temen sebelah gw “ini kaya sidang perceraian gitu gak sih?” ehh gw malah diketawain. Emang sumpah gw gak ngerti sidang disini  tuh kaya gimana. Sidang dimulai. Para senior milih 3 orang maba buat jadi presidium sementara. Sumpah presidium aja gw gak tau apaan. Meskipun udah dikasih materinya, tetep aja gw males baca. Orang gw anti sama yang berbau politik, apalagi sidang-sidangan heeeeemmmmm. Kepilih lah 3 presidium sementara. Eh pas presidium satu ketuk palu buat mulai sidang, dateng segerombolan para mentor yang tiba-tiba marah-marah. Pokoknya apa yang dilakuin presidium selama sidang tu di kritiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkk mulu, sambil bentak-bentak gitu. Yang ge heran, hellooow yang bentak itu mentor loooh, yang selama ini baik sama kita, heeem ternyata…….sidang tetep berjalan sampe solat ashar. Pas kita selesai solat ashar, tiba-tiba ada lagi orang-orang tak dikenal malah, badannya gede-gede, suaranya lantang lantang. Sekarang mereka yang ngasih kritik ke presidium nya, bahkan ada yang sampe gebrak meja plus ngelempar kertas ke presidium satu. Sumpaaaaah tekanan batin gw hari itu. Gw gak berenti-berenti ngomong “ya Allah kayanya gw salah fakultas nih” sumpah gw emang gak ada bakat buat masuk fisip, bayangin aja mental kaya gw dituntut harus berani demo, harus berani kalo digentak-gentak ckkckckc itu bukan gw banget. Sempet kacau si sidangnya gara-gara melebihi jam tayang hahaha. Akhirnya sidang seleai Cuma sampe pemilihan ketua angkatan aja. Tapi bagus lah….lemes sumpah gw..

Oh ya ada satu lagi yang belum gw certain dihari ketiga ini, semua panitia melebur!!!! Wow, awalnya kita gak tau kalo hari ini mereka bakal melebur, tiba-tiba komdis dateng, dan kembali marah-marah ke kita. Sambil ngelempar surat benci dari para maba. Mereka bilang “ setelah apa yang kita lakuin ternyata ini yang kita dapet? Surat benci dari kalian. Kami mati-matian nyiapin acara ini buat kalian, tapi ini apresiasi kalian? Saya mau satu diantara kalian ada yg baca surat benci yang sudah kelewatan” sumpah saat itu gw dek-dekan banget, karena gw ngirim surat benci ke kang yopi, haduuuh jangan-jangan gw lagi ni, eh ternyata si rahman. Pas dia maju, dia mulai bacaain kan, emang sih kata-katanya tuh gak sopan banget. Eh pas selesai rahman baca, tiba-tiba komdis bilang “WE LOVE YOU” anak –anak sempet diem sejenak 1 menit kemudian baru deh teriak “yeeeeeeeeee horeeeee” terus mereka nyanyi dan senyum gitu. Aiiiiiihhh cantik dan gantengnya keliatan meen. Ckckc sempet nangis loh gw disitu, terharu banget deh,. Abis komdis, terus dilanjutin sama mentor, beeeehhhh disitu tambah nangis lagi, kita pelukin mentor kita, saling pelukan antar temen pokoknya terharu abis..dilanjutin meleburnya semua panitia.

Jeng….jeng..jeng.. kalian tau, sidang itu penutup rangkaian acara postmo. Pas pulang kita gak langsung pulang, kita ngumpul di boulevard kaya biasa. Kita ngebahas 3 hari acara postmo ini. Banyak banget ternyata pelajaran yang gw dapet dari postmo ini, gw dapet temen yang sumpah asik-asik, mereka the best lah dari temen-temen kelompok lain bahkan lebih the best dari temen-temen sejurusan gw. Ria,mila , mimi, intan, anggi, nurul, nunu, okeu,yanti, momon, heni, puti, ica, pokoknya semuanya deh sumpah gw ngerasaain banget kekeluargaan diantara kita. Rasanya tuh gak mau postmo ini berakhir. Selain itu gw juga dapet pelajaran berharga, gw jadi tau apa itu sidang, pengalaman orang orang besar sebelum gw, motivasi, sumpah ini acara ospek paling bermanfaat yang pernah gw rasain. Gw jadi mandiri pokoknya postmo berkesan banget deh, gak akan pernah gw lupain.

Hari terakhir penutupan….
Kita Cuma disuruh  bikin persembahan terakhir buat para panitia. Kelompok gw dan kelompok atu digabung. Kita kasih persembahan 3 nyanyian. Dan hari ini bener-bener bikin gw sedih. Seperti yang gw bilang sebelumnya, temen-temen gw di kelompok 2 ini, bener-bener segalanya. Dihari terakhir kita makin kompak, makin deket. Dan bener-bener kerasa kekeluargaannya. Gw baru sadar, ini toh tujuan postmo kelompokin kita dari berbagai jurusan, yang awalnya gw bête, malah jadi berterimakasih, karena udah di pertemukan sama temen-temen yang gak akan pernah gw lupain. Hari ini kita full dengan foto-foto. Dan akhirnya postmo berakhir saat kita salaman sama semua panitia. Kita juga gak lupa buat ngasih kenang-kenagan buat ketiga mentor yang udah rela ngebimbing kita selama postmo ini. Pas kita kasih bingkisannya, mereka semua nangis dan gak bisa ngomong apa-apa. Otomatis kita semua ikut nangis. Sumpah terharu banget. Tapi ada cerita cinta nya juga looo selama postmo ini. Di kelompok gw banyak yang cinlok hahaha. Ria sama Rahman, Imam sama Momon, Hugo sama Mimi hahah Cuma lucu-lucuan aja sih. Cumaaaa gara-gara issu cinlok itu, kita tetep deket sampe sekarang….

LOVE LEGAL !!!!!!   

2 komentar:

  1. loveeeee <3 :* (tp please deh kenapa urusan cinlok ditulis juga?? hahahaha)

    BalasHapus
  2. hahaha biarin aja deh, kan blog gw wkwkw

    BalasHapus