Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang. - Seno Gumira Ajidarma-

Minggu, 24 Juni 2012

kerjaan malem-malem...

hmm...selama kuliah, banyak banget pelajaran yang gue dapet dari setiap masalah yang gue alamin. kebanyakan permasalahan dalam pertemanan sih. dulu, gue bisa dibilang orang yang gampang dibohongin..karena fikiran gue selalu 'baik' sama orang lain, selain itu gue juga gampang banget dimanfaatin sama orang lain, itu mungkin karena sifat gue yang sebisa mungkin gue mau bantu orang-orang disekitar gue apapun keadaan gue. gue kira, awalnya sifat yang gue punya ini bagus, tapi ternyata diluar sana banyak orang-orang yang menyalah gunakan sifat gue. bahkan mereka itu adalah orang yang gue sebut sahabat! 

baru kali ini gue nemuin manusia sejahat sahabat gue itu. sebut saja dia 'orang gila' kenapa gue sebut dia orang gila? yaa...karena hampir semua kegiatannya dia itu adalah sebuah hayalan yang pada akhirnya dia publish sebagai suatu kenyataan. padahal mah belum jadi kenyataan. 

awalnya, dimata gue..dia itu baik. dia care, dia lucu, dia bener-bener bisa bikin gue yang awalnya galau berubah jadi tertawa. kenapa gue bilang dia care? karena dia bener-bener peka sama perubahan raut wajah orang-orang disekitarnya. dia pasti langsung nanya sama orang tersebut, tentang permasalahannya. itu sih tanggapan pertama gue tentang orang gila ini. 

kejanggalan pertama selama hampir satu tahun temenan itu, ketika dia mulai mencampuri urusan asmara gue. berani-berani nya dia ngomporin pikiran orang yang gue suka. gue benci banget sebenarnya sama orang yang kompor, karena menurut gue, seorang kompor bisa merubah pikiran korbannya. tapi saat itu, gue masih mencoba untuk berfikir positif sama orang gila ini..gue berfikiran 'oh mungkin dia kayak gitu karena pengen bantuin gue, biar cowo yg gue suka lebih respect sama gue' yaa...itulah pikiran gue saat itu. 

setelah kejadian itu, bodoh nya gue...gue tetep berbagi cerita sama dia, dan membiarkan dia tahu semua tentang gue. ini salah satu kejelekan gue. saat  gue sudah nyaman ataupun deket sama seseorang, gue seakan gak punya batas sama orang tersebut. gue bahkan bisa 100% percaya sama orang tersebut. yaa. intinya  kejadian kemarin, hanya numpang lewat doang. 

setelah itu, ada satu kejadian yang awalnya bikin gue percaya sama omongannya si orang gila ini. suatu waktu dia menceritakan pengalamannya tentang kejahatan homoseksual dan dia menyeret nama 2 teman baik gue juga saat itu. bahkan salah satunya adalah orang yang gue cintai *saat itu. dia cerita kalo 2 orang temen gue itu ada indikasi homo. kaget? pasti..apalagi dia bawa-bawa orang yang gue suka. ditambah lagi dia memaparkan suatu peristiwa dengan bukti yang cukup meyakinkan... awalnya gue setengah percaya setengah enggak. 

setelah kejadian itu, gue gak mau percaya sama omongannya si orang gila ini, hati gue tetep menolak kalo orang yang gue suka itu adalah homo. sejak itu, gue selalu mencoba buat ngumpulin bukti. bahkan gue tanya langsung sama orangnya tentang cerita si orang gila tersebut. tentunya tidak dengan cerita gamblang..gue pake trik gue buat buktiin omongan si orang gila ini. dan ternyata hasilnya apa yang diceritaiin si orang gila dan apa yang diceritain orang yang gue suka, tidak sinkron. dari situlah gue mulai mikir kalo ada kejanggalan sama orang gila satu ini. 

sampailah pada suatu hari, dimana gue dan temen-temen gue yang lain kecuali si orang gila, mencocokan cerita masing-masing. dimana cerita itu bersumber dari orang gila tersebut. dan....taraaamm...masing-masing dari kita punya cerita yang versinya beda-beda. alhasil kita semua kaget...dan yang paling gue betein rumor tentang 2 temen gue yang homo ini ternyata gak bener. gak tau deh motif si orang gila ini melakukan hal itu karena apa. bukan hanya itu, ternyata dia juga suka menjelek-jelekan gue ketemen-temen lain..hmm padahal selama ini bisa dibilang gue gak pernah sejahat itu sama dia. bukan bermaksud kebaikan gue pengen dibales, tapi seenggaknya jangan berbuat jahatlah setidaknya sama temen deket lo sendiri. paling enggak..saat lo kesusahan orang pertama yang bakal ngebantu lo, yaa..pasti temen deket. saat keluarga lo, berada jauh dari keberadaan lo sekarang. itu sih yang gue sayangin..dia boleh lah berbuat jahat, tapi please jangan sama temen deket! gue juga, ngerasa kalo gue selama ini gak punya masalah sama dia, tapi tega-teganya dia ngejelek-jelekin gue dihadapan banyak orang. 

setidaknya sudah 2 kali gue dibohongin sama sahabat gue sendiri. kebohongan pertama berasal dari orang yang udah gue anggep abang gue. yaa...kebohongan itu masih bisa gue maafkan lah, dan kebohongan kedua, yaa berasal dari si orang gila ini. dua kebohongan itu yang secara tidak sengaja, udah ngebentuk diri gue setidaknya. gue jadi nyesel percaya sama orang, gue nyesel berbuat baik sama orang, gue juga nyesel punya sifat yang amat sangat lugu. 

seseorang pernah bilang ke gue "jangan pernah percaya sama siapapun" awalnya gue benci sama kata-kata ini, tapi sekarang gue bener-bener males buat percaya sama orang bahkan sahabat gue sekalipun. gue ngerasa apa yang gue kasih kemereka itu berlebihan. kebaikan gue, kepercayaan gue..pokoknya semuanya,,itu terlalu berlebihan sepertinya. 

mulai sekarang gue cuma pengen cukup tau aja mana orang-orang yang baik sama gue, dan mana yang punya maksud lain sama gue. mulai saat ini, gue bakal anggep semua orang sama. tidak ada istilah sahabat! gue pengen, gak bergantung pada siapapun, gue pengen bisa berdiri sendiri dimana pun gue berada dengan ataupun tanpa teman-teman dekat gue. karena siapa yang bisa jamin mereka itu baik sama gue. pokoknya stop lah baik dan percaya terlalu berlebihan sama manusia! manusia itu jahat meski gak semua. 

dengan adanya masalah yang terus dateng ke gue, seengaknya ini bakalan gue jadiin pembelajaran biar gue makin dewasa. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar